September 21, 2017

Media Hendaknya Memberi Solusi, Bukan Hanya Mengangkat Masalah

Didatangi oleh wartawan MP untuk memberikan tanggapan masalah kebijakan pemerintah menggratiskan beaya pendidikan bagi siswa SDN dan SMPN sebagaimana surat Mendiknas Nomor 186/MPN/KU/2008, pria berbadan kekar tapi ramah ini mengatakan kepada wartawan tanggapannya sebagai berikut.

Kebijakan pemerintah itu baik, tetapi harus disikapi dengan arif dan bijak, karena dimasing masing sekolah sekolah yang keperluan kebutuhan anggaran pendidikan tidak sama. Ada kelompok sekolah dikota, ada kelompok sekolah didesa, adapula kelompok sekolah sedikit unggulan dan bahkan sekolah unggulan.

Yang jelas untuk sekolah unggulan dan sekolah yang berada dibatas kota pasti masih memerlukan tambahan anggaran pendidikan. Memang perlu dibebaskan bagi yang standar ekonomi menenngah kebawa — harus gratis dari semua jenis tarikan / sumbangan. Bagi lembaga yang melanggar aturan pemerintah harus ditindak dan mendapat sangsi yang tegas.



Harapan kepada pemerintah terhadap sekolah swasta jangan disamakan dengan sekolah negeri, tetapi masih ada kelonggaran untuk mengelola tambahan anggaran sekolah dan tetap pada prinsipnya anak yang tidak mampu harus gratis atau tidak dibebani tambahan beaya sepeserpun. Kalau ada lembaga yang melakukan penyimpangan, tolong untuk diklarifikasikan / diperingatkan jangan sampai menyimpang dari aturan. Media itu jangan hanya senang mengangkat masalah, tetapi tidak menyelesaikan masalah. (JIS/MP)

Leave a Reply

*