July 24, 2017

Sekolah Sekolah Swasta Terancam Gulung Tikar

Menanggapi berita tentang pendidikan gratis yang diberlakukan pada semua SD dan SMP Negeri oleh pemerintah pusat melalui PP Nomor 48 tahun 2008 yang disusul dengan adanya SK Mendiknas Nomor 186 Tahun 2008, maka dapat dipastikan kedudukan semua SD dan SMP yang dikelola oleh pihak swasta akan semakin lemah.

Kebijakan penggratisan beaya sekolah SD dan SMP Negeri ini sedikit banyak akan membawa pengaruh yang sangat signifikan bagi pelaksanaan pe-layanan pendidikan yang dilakukan oleh sekolah SD dan SMP swasta, terutama sekolah sekolah yang dikelola oleh yayasan dan organisasi masyarakat yang kurang mampu.

M.Sholeh kepala Sekolah SD Islam memberikan tanggapan bahwa bila SD dan SMP Negeri digratiskan, maka diharapkan pemerintah memberi perhatian yang sama terhadap sekolah swasta terutama untuk tunjangan guru. “Kami berharap pemerintah memberi-kan bantuan kepada sekolah swasta walaupun tidak sebesar sekolah negeri, terutama tunjangan guru yang saat ini sangat minim sekali.” Alasannya pengha silan guru negeri dengan guru swasta saat ini kesenjangannya sangat tinggi, mulai dari gaji dan tunjangan tunjangan lainnya. Apalagi sekarang banyak guru negeri yang sudah menerima tunjangan sertifikasi sebesar gaji pokok.



Hal yang sama juga dikeluhkan oleh Kepala Sekolah TK/SD Yayasan Ummu Aiman. “Sampai saat ini kami ma-sih memungut SPP untuk membayar HR guru, dana BOS hanya cukup untuk membeayai kegiatan operasional. Untuk itu kami sangat mengharapkan pemerin tah daerah segera mengeluarkan Dana BOSDA sesuai dengan SK Mendiknas, agar kami dapat menggratiskan semua siswa yang ada.”

Memang kebijakan pemerintah menggratiskan beaya sekolah membuat kelegahan semua masyarakat, akan te-tapi bila nantinya membawa dampak negatif terhadap sekolah swasta dapat dipastikan banyak sekolah swasta tutup alias gulung tikar karena nggak dapat murid dan beaya tidak cukup untuk mengembangkan sekolahnya. (Jis/Nung).

Leave a Reply

*