December 17, 2017

SMAN 1 Lawang – Persiapan Menuju RSBI

Inti pendidikan nasional adalah menumbuhkan,menciptakan, putra-putri bangsa memiliki budi pekerti luhur, cerdas ilmu pengetahuan dan teknologi, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, SMAN 1 Lawang yang dikenal dengan sebutan SMANELA, berusaha menjadi yang terbaik dengan cara membantu para siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Prestasi demi prestasi baik akademis maupun non akademis telah diraih oleh para siswa SMANELA.

Dari akademis, berhasil memperoleh nilai tertinggi se-JATIM di tahun 2006 dan di tahun 2008 SMANELA memperoleh peringkat IV, jurusan Ilmu Bahasa. Keberadaan kelas akselerasi di SMANELA bukti bahwa lembaga ini memperhatikan potensi siswa. Kelas akselerasi (kelas percepatan) yang hanya ditempuh oleh siswa selama 2 tahun ini berbeda dengan kelas reguler yang ditempuh selama 3 tahun, keberadaannya memperhatikan nilai hasil Ujian Nasional SLTP/sederajat, IQ yang dimiliki dll.

SMA Negeri 1 Lawang adalah salah satu SMA Negeri dari 13 SMA Negeri yang berada di kawasan Kabupaten Malang dan merupakan barometer pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Malang. Sederetam prestasi akademik telah diraihnya. Dalam memasuki tahun 2009 SMA Negeri 1 Lawang ;lebih meningkatkan kiprahnya dengan program-program unggulan yang telah dan akan dilaksanakan. Program unggulan yang sedang dilaksanakan adalah adanya penanganan siswa yang mempunyai kecerdasan istimewa berupa percepatan belajar atau program akselerasi yang memprogram siswa dapat lulus dalam waktu 2 tahun. Sedang program yang akan dilaksanakan adalah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dengan pertimbangan bahwa dari segi SDM guru sudah memenuhi syarat juga dari segi sarana dan prasarana dan telah terlaksananya 8 standart nasional pendidikan. Dengan adanya areal Hest Pot direncanakan juga membentuk kelas yang 100% berbasis ICT. SMA Negeri 1 Lawang saat ini sedang meningkatkan sarana dan prasarana terutama penataan kebersihan dan lingkungan sekolah yang menuju sekolah yang Green and Clean. Pada kesempatan ini SMA Negeri 1 Lawang hanya akan menampilkan profil sekolah secara garis besar agar dapat memberi info pada masyarakat.

PENGEMBANGAN DIRI
SMANELA 2008
Untuk mewadahi dan menggali potensi diri siswa SMA Negeri 1 Lawang ditahun pelajaran 2008-2009 sekolah (bp.Drs H Sugeng Hariono,MPd, Kepala Sekolah), meletakkan penjadwalannya di hari sabtu, mulai pukul.06.45-09.45 disetiap pekannya. Pengembangan diri yang inti pelaksanaannya mengacu pada kebutuhan dan potensi para siswa sehingga tidak kurang dari 21 jenis pengembangan diri yang mencakup bidang-bidang ketrampilan, seni, olahraga, jurnalistik, musik/band, karawitan, marching band, gambar grafik, teater/drama, bahasa jepang, mandarin, perisai diri, karate, kungfu, menjahit, membatik, badminton/bulu tangkis, basket, bola volly, sepak bola, PARA.



Karena berdasar pada kebutuhan dan potensi diri siswa, maka pengembangan diri, ekskul tidak menutup kemungkinan membuka jenis pengembangan diri yang lain. Yang jelas SMANELA akan mewadahi potensi yang ada di diri siswa, dengan harapan, potensi yang ada dalam diri siswa berkembang secara optimal. Sebagai contoh, prestasi siswa pengembangan diri karate yang ikut dalam PORKAB pada tanggal 19-21 Desember 2008 yang pelaksanaannya oleh kabupaten Malang yang bertempat di Pakis,SMANELA yang mewakili kecamatan Lawang dan kecamatan Singosari memperoleh 10 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Demikian pula SMANELA berpartisipasi dalam kirab budaya, dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Malang yang ke 1248, SMANELA mengeluarkan pengem-bangan diri PARA dan Kungfu dengan Barongsai yang memukau masyarakat, karena kirab dimulai dari DIKNAS-/Kabupaten Malang hingga stadion kanjuruhan sembari beratraksi kelihaian memainkan barongsai diperagakan pula jurus-jurus kungfu dalam kirab tsb. Kirab budaya Kabupaten Malang yang dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 28 desember 2008 yang diikuti oleh unsur dinas yang ada di Kabupaten Malang ini menambah semarak dan suksesnya “KIRAB BUDAYA” di Kabupaten Malang.

Dalam upaya meraih prestasi baik akademis maupun non akademis, SMANELA berusaha memperoleh sebutan yang terbaik. Sebagai bukti lainnya inilah, ketika pemilihan para personil pasukan pengibar bendera merah putih di ulang tahun kemerdekaan yang ke 63 Kabupaten Malang, siswa-siswi SMANELA terpilih 4 orang personil pasukan pengibar bendera tsb, pun pula ditingkat Kecamatan Lawang.

R S B I
Untuk menunju sekolah dengan standar RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), sekolah dan masyarakat Lawang harus berani mengambil resiko dengan melengkapi sarana dan pra sarana yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan yang ditentukan. Demikian juga peranserta alumni harus digali dengan menga dakan silaturahmi alumni dan mem bicarakan prospek sekolah pada masa yang akan datang. Bila pihak sekolah, orang-tua siswa, komite sekolah, pengu saha dan alumni menyatukan per-sepsi untuk bersama-sama memajukan sekolah; Sekolah Berstandar Internasional bukan merupakan persoalan lagi.(MD+)

Leave a Reply

*