October 18, 2017

Suradji – Kepala Desa Bedali Lawang, Peduli Terhadap Pendidikan

Desa yang terletak di ujung sela tan Kecamatan Lawang adalah Desa Bedali, satu desa yang tak asing lagi ba gi masyarakat Kabupaten Malang. Seti ap perjalanan darat dari Malang menuju Surabaya atau Pasuruan pasti melewati desa ini. Kalau disebut nama Desa Bedali orang akan mengingat sebuah nama yang tak asing lagi disitu, SURADJI. Nama yang sangat pendek dan singkat tanpa embel-embel apapun, tapi cukup disegani banyak orang karena dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan mau bertanggung jawab untuk desa dan ma-syarakat didesanya.

Hal ini tampak jelas pada raut muka dan pandangan mata nya yang selalu tajam memandang ke-depan, menggambarkan pribadi kuat yang selalu memandang prospek cerah yang akan diraihnya untuk kepentingan masyarakat dan desanya. Ditengah kesibukannya sebagai pamong desa, pengemban amanat ma-syarakat didesanya, nampaknya Suradji tidak mau memalingkan mukanya pada bidang pendidikan. Pendidikan selalu diperhatikan dengan serius karena pen didikan akan menjadikan masyarakat di desanya akan semakin maju.

Pendidikan yang selalu dan amat sangat diperhatikan adalah pendidikan terhadap anak usia dini, dalam banyak kegiatan selalu diingat untuk menampil-kan kreasi-kreasi anak anak pada tiap kesempatan untuk ditampilkan. “Bagi saya mas, yang penting anak anak didesa ini bisa sekolah. Mulai kanak kanak sampai remaja harus men-dapatkan perhatian, baik dari orangtua, masyarakat desa maupun dari saya sen-diri. Hal ini adalah untuk menghindarkan anak anak dari pergaulan yang kurang bisa dipertanggung jawabkan.” Apa saja yang bisa dilakukan untuk warga desanya, dilakukannya dengan penuh kesabaran dan keuletan.



Dikatakan lebih lanjut bahwa hatinya merasa tenteran dan legah, ketika tidak terdengar lagi anak anak menangis. Pria ini semakin ceriah jika melihat anak anak bermain dengan sukaria. “Mereka adalah masa depan kita mas ! Tanpa menjadikan mereka kuat, pinter, ulet dan mempunyai keimanan, niscaya bangsa ini tidak akan punya masa depan yang membahagiakan.”
SURADJI, dikalangan tokoh masyarakat didesanya sangat disegani, karena semua pekerjaan sebagai Kepala Desa dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Seakan tidak ada yang tersisa, semuanya di-lakukan dengan musyawarah dengan masyarakat didesanya. BEDALI adalah SURADJI, dan SURADJI adalah BEDALI. Semoga masih banyak suradji-suradji di Kabupaten Malang yang kita cintai bersama ini, agar nantinya Kabupaten Malang semakin maju dan berkembang dengan pesat. (MD).

Comments

  1. klo semua kades seperti itu, maka pendidikan di desa tak akan kalah dari mutu pendidikan di kota

Leave a Reply

*