September 21, 2017

Kenaikan Dana Bos 2009 Sudah Termasuk BOS Buku

Setelah ditunggu cukup lama, akhirnya dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2009 sudah dapat di cairkan melalui rekening sekolah masing masing. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengeluarkan Keputusan Nomor 420/123/SK/421. 012/2009 tanggal 21 Januari 2009 tentang Penetapan Alokasi Sekolah Penerima Dana Bantuan Operasioal Sekolah (BOS) – Kabupaten Ma lang Tahun 2009. Dalam surat keputusan terse but ditetapkan alokasi besarnya Dana BOS untuk seluruh sekolah di Kabupaten Malang, dimana jumlah SD penerima dana BOS adalah seba nyak 1.172 dan SMP sebanyak 321 sekolah.

Berkenaan dengan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang tersebut diatas, pada tanggal 6 Februari 2009 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengeluarkan surat Nomor 420/163/421.102/2009 perihal pe-ngambilan Dana BOS Januari – Ma ret 2009 yang ditujukan kepada (1) Kepala UPTD TK/SD dan PLS, (2) Kepala SD/SMP Negeri/Swasta se Kabupaten Malang.

Ada yang aneh dalam surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang kali ini, yaitu klausul angka 3 yang menyatakan “ Penyaluran Dana BOS periode Januari – Maret 2009 dan April-Juni 2009 sudah termasuk dana untuk pembelian buku teks pelajaran pada BOS BUKU, yaitu (a) Buku IPA dan Pkn untuk kelas 7 – 9 SMP, masing masing 1 buku tiap siswa; (b) Buku IPS untuk kelas 4 – 6 SD, masing masing 1 buku tiap siswa dan (c) Buku Pkn untuk kelas 1 – 6 SD, masing masing 1 buku tiap siswa.

Dengan demikian kenaikan dana BOS yang dipakai propaganda sekolah gratis bukanlah kenaikan dalam arti sesungguhnya, melainkan penggabungan dari dana BOS murni dengan dana BOS Buku yang telah biasa diterima oleh sekolah pada tahun tahun sebelumnya. Malahan jumlah nilainya bisa dikatakan lebih kecil dibandingkan dengan penerima an pada tahun 2008.
Keharusan pembelian buku bagi sekolah penerima Dana BOS tersebut dikuatkan dengan adanya Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (BOS) antara Kepala Sekolah peneri ma Dana BOS dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang selaku Manager Tim PKPS-BBM Kabupaten Malang bidang Pendidik an. Dalam perjanjian pemberian ban tuan tersebut, utamanya pada huruf b tertulis “Dana tersebut sudah termasuk dana untuk pembelian buku teks pelajaran pada BOS BUKU ……………. dst.”



Kebijakan Dana BOS Tahun 2009 tersebut sangat mengejutkan kepala sekolah dan pengurus komite sekolah, apalagi bagi sekolah yang sudah terlanjur menggratiskan iuran komite sekolah sebagai dana penun jang pelaksanaan pendidikan pada satuan pendidikan. Seorang bendahara komite sekolah pada sekolah di Kabupaten Malang mengatakan bahwa kebijak an Mendiknas sebagaimana dimak sud dalam suratnya No.186/MPN/KU /2008 tentang pelaksanaan Dana BOS Tahun 2009 merupakan akal akalan saja.

“Masak penggabungan dana BOS dan BOS BUKU dikatakan kenaikan, mas ! Kata orang Jakarta sama juga bo’ong. Saya sudah siapkan gugatan terhadap surat Men teri Pendidikan Nasional tersebut. Mungkin sebagai Tergugat lainnya adalah Kepala Dinas Pendidikan, biar bisa sidang di PTUN Surabaya.” Sebagai Bendahara Komite Sekolah dirinya merasa capek mem buat RAPBS, merubah RAPBS kare na adanya surat Mendiknas Nomor 186/MPN/KU/2008 terpaksa meng gratiskan iuran komite sekolah, akan tetapi kenyataannya kebijakan itu dinilainya hanya sekedar untuk men cari popularitas menjelang PEMILU saja. “Kalau pegawai negeri takut untuk menggugat atasannya, lha kalau saya kan bebas. Ini kan jaman reformas, bukan jaman orde baru ! Rakyat nggak boleh dianggap remeh, mas ! Setiap kebijakan harus dapat dipertanggung jawabkan secara hukum, karena Indonesia kan negara hukum ! “ Demikian tuturnya kepada Media Pendidikan sambil menyulut rokoknya. (MD/MP)

Comments

  1. trims infonya sobat,,,

    dengan dana bos semoga semua kalangan masyarakat khususnya rakyat kecil dapat sekolah gratis.

    sukses selalu

  2. pak kepala dinas pendidikan wilayah kabupaten malang tolong di tinjau kembali apakah dana bos memang sudah di gunakan dengan sebenar benarnya tapi mengapa murid2 sd banyak yg gak mendapatkan buku cetak apakah memang bos itu tidak untuk buku cetak trims sebelumnya

Leave a Reply

*