March 24, 2017

Sarana dan Prasarana SDN Lawang 02 Tak Memadai

Sekolah Dasar Negeri 02 Lawang yang terletak di Jalan Kartini disebelah Utara Rumah Sakit Umum Daerah ini memang perlu mendapat kan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Malang, khususnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Hal ini disebabkan seluruh sarana dan prasarana sekolah dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Oleh karenanya, tidaklah berlebihan bila hal ini perlu diangkat dan diberitakan guna mendapatkan penanganan secepatnya.

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah dari sekolah di zaman penjajahan Belanda yang baru satu kali menerima bantuan dari Pemerin tah Propinsi Jawa Timur pada tahun 2008 sebesar Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah) yang digunakan untuk memperbaiki/rehab bangunan gedung. Sebelumnya sekolah ini tak pernah menerima bantuan dari pihak pemerintah, apakah dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi Jawa Timur atau Pemerintah Kabupaten Malang.
Sarana pendidikan yang ada semuanya hampir dipastikan tidak memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai suatu sarana pendidikan yang memadai, hal ini dapat dilihat mulai dari bangku, papan tulis, lemari buku sampai sarana perkantoran yang ada disekolah.

Bangku disekolah ini merupa kan bangku peninggalan sekolah di jaman Belanda, papan tulis semuanya sudah melengkung dan tidak rata, lemari buku dibuat sendiri oleh pak Kebon sehingga agak mirip lemari pada rumah petak si gepeng dibawah jembatan. Memang kalau dilihat dari luar, maka akan tampak sekolah ini agak mentereng. Hal ini disebabkan oleh bentuk bangunan dan halaman yang amat luas. Akan tetapi bila dilihat dari dalam, maka suasana memprihatin kan akan terlihat didalamnya.



Sekolah ini terletak ditengah kota Kecamatan Lawang, akan tetapi terlepas dari jangkauan pemantauan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Malang; sehingga merupakan seko lah yang paling jelek sarana pendidik annya dibandingkan dengan sekolah sekolah yang ada di Kecamatan Lawang. Zainal Arifin AR, selaku Ketua Komite Sekolah sangat mengharap adanya peninjauan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang agar men dapatkan bantuan secepatnya, agar sama dengan sekolah lainnya. “SD yang lain sering mendapat bantuan, tetapi SDN Lawang 02 tak pernah diperhatikan, mas !” katanya kepada wartawan MP. (MD/Nung).

Comments

  1. berkunjung malam ke tempat sahabat,. met istirahat semoga esok awal dr kesuksesan Anda :)

  2. memang untuk mau negara maju, pendidikannya mesti diperbaiki, termasuk dlm hal bangunannya..

  3. aLamathuR says:

    Bagaimana bisa setara tingkat pendidikan di kota dan didaerah, jika masalah seperti ini tak pernah terselesaikan ?? padahal disisi lain, pemerintah selalu menerapkan sistem standarisasi pendidikan yang sama antara sekolah2 di kota dan sekolah2 di daerah2… contoh yang gampang adalah terkait penyelenggaraan UN….

Leave a Reply

*