September 21, 2017

Artis Jakarta Sumbang Bangku Sekolah

Setelah membaca Media Pendidikan edisi kedua yang memberitakan tentang keadaan bangku SD Negeri Lawang 02 yang tak memadai, maka seorang alumni SD Negeri Lawang 02 telah datang dan memberikan sumbangan beru-pa bangku-bangku baru untuk SDN dimana dia pernah sekolah bebera pa tahun yang lalu. Alumni tersebut tidak lain adalah seorang artis laga yang telah membintangi beberapa film layar lebar maupun layar kaca yang bera-sal dari kota Lawang yang bernama Rizal Jibran. Artis tersebut bersama adik adiknya yang juga para artis ibukota telah mengumpulkan dana yang kemudian dirupakan bangku sekolah dan beberapa daun pintu serta langsung disumbangkan ke SD Negeri 02 Lawang.

Zainal Arifin selaku Ketua Komite Sekolah SD Negeri 02 Lawang melaporkan kejadian tersebut pada kantor redaksi Media Pendidikan, seraya menyerahkan potret artis tersebut. “Kami sangat bangga sekali dengan adanya partisipasi alumni yang telah menyumbangkan seba gian hartanya untuk kepentingan pendidikan berupa bangku-bangku yang sangat dibutuhkan sekolah.”

Lebih jauh dijelaskan oleh Ketua Komite Sekolah tersebut, bahwa sebenarnya alumni tersebut tidak mau dipublikasikan kemedia massa, akan tetapi oleh karena hal ini dapat dipakai sebagai cambuk peringatan bagi pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan juga alumni yang lain. “Sebenarnya Ketua Komite yang lama sudah pernah minta pada Kepala Dinas Pendidikan, akan tetapi sampai hari ini belum ada pelaksanaannya. Apalagi ada kasus penarikan bangku disekolah oleh para pengrajinnya di Malang selatan, mungkin beliau lupa.”



Dengan adanya sumbangan bangku dan beberapa fasilitas seko lah dari pihak alumni ini telah mele-gahkan pihak sekolah dalam hal ini adalah siswa-siswa yang dapat mengikuti proses belajar mengajar disekolah dengan baik. “ Bangkunya bagus sekali, satu anak duduk pada satu bangku, seperti mahasiswa kuliah saja.” komentar seorang siswi yang berna ma Almaidah.

Memang, dengan adanya sumbangan dari alumni ini sedikit banyak akan membuka cakrawala baru dalam dunia pendidikan. Pihak sekolah seharusnya mulai menga-dakan pendekatan terhadap alumni sekolah yang telah berhasil dalam kehidupannya sebagai wujud nyata partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan. Orangtua / walimurid, alumni dan seluruh lapisan masyarakat seharusnya berpartisipasi terhadap dunia pendidikan. Kata pas ustadz sumbangan kedunia pendidikan merupakan bentuk amalan yang sholeh, karena pendidikan merupa kan wahana mempersiapkan calon pemimpin bangsa dimasa depan. Oleh karena itu, apa yang dilakukan Rizal Jimbran sebagai artis maupun sebagai alumni sangatlah terpuji. (Nung/MP)

Leave a Reply

*