July 24, 2017

Presiden SBY Harus Turun Tangan

Pelaksanaan program peme rintah untuk menggratiskan beaya sekolah SD Negeri dan SMP Negeri di daerah bakal mengalami kegagalan. Promosi Departemen Pendidikan Nasional mengadakan sekolah gratis dibeberapa media elektronik hanya akan merupakan jargon yang murahan. Program sekolah gratis yang diluncurkan melalui surat Menteri Pendidikan Nasional RI melalui surat No. 186/MPN/KU/2008 tertanggal 2 Desember 2008 rupanya harus bertabrakan dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor 973/2706/SJ tertanggal 8 September 2008 tentang Pendanaan pendidikan dalam APBD Tahun Anggaran 2009.

Dalam surat edarannya Menteri Dalam Negeri menyatakan bah wa dalam rangka mendukung kebi jakan pendanaan pendidikan sebesar 20% dari APBN maupun APBD sesuai dengan amanat UUD NRI tahun 1945, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional dan PP Nomor 48 Tahun 2008 perlu dibuat kesamaan persepsi tentang alokasi belanja fungsi pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).



Persepsi yang dijabarkan dalam edarannya, Menteri Dalam Negari menyatakan bahwa alokasi belanja untuk kegiatan fungsi pendidikan dihitung 20% dari seluruh belanja SKPD tidak termasuk alokasi anggaran untuk kegiatan lanjutan yang belum selesai tahun sebelum nya. Disini belanja pendidikan dihitung termasuk beaya untuk gaji Guru dan PNS. Sedangkan menurut pasal 49 ayat (1) UU Nomor 20 Th.2003 dinyatakan dengan tegas bahwa angka 20% dihitung tidak termasuk gaji guru dan PNS bidang pendidikan. Dengan surat edaran tersebut, Pemerintah Daerah memakai sebagai dasar hukum penyusunan APBD sehingga tidak mungkin bisa mendukung program sekolah gratis. (Lebih jelasnya baca hal 7) (MD/MP)

Comments

  1. rizal says:

    sayang kalau pendidikan gratis harus menemui kenadala, karena pendidikan adalah faktor utama kemiskinan di Indonesia

  2. Tutorial Search Engine Optimized (SEO) says:

    waahhhh bahaya tuuhh!! Kalau gitu ceritanya, jadi bodoh lagi bisa" orang Indonesia karena tidak mampu membayar biaya pendidikan

    Tiiidakkkk T_T

Leave a Reply

*