July 22, 2017

Reog Ponorogo Tampil Dalam Acara Elite

Ada hal yang cukup menarik dalam acara serah terima jabatan Dan Yon Kavaleri di Singosari pada 23 Februari 2009 yang lalu, yaitu ditampilkannya seni budaya nasional Reog Ponorogo. Penampilan seni budaya nasional diera globalisasi ini masih bisa dirasakan sebagai suatu hal yang cukup membanggakan. Bukan hanya karena Inspektur Upacaranya berkumis lebat seperti warok dari Ponorogo, akan tetapi kesediaan dari institusi TNI untuk selalu memunculkan budaya nasional sebagai wujud nyata kecintaannya kepada bangsa dan negara.

Dapat dikatakan bahwa pada masa globalisasi ini, sangat kurang perhatian anak bangsa terhadap kesenian nasional. Hal ini bukan disebabkan kesalahan anak bangsa sendiri, tetapi belum adanya kesediaan, perhatian dan sosialisasi dari instansi terkait untuk merasa lebih bangga dengan kesenian nasional yang tidak kalah indahnya dengan kesenian manca negara.

Bilamana seluruh anak bangsa dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh jajaran TNI-AD dalam acara elite dengan bangga menampilkan kesenian tradisional REOG PONOROGO, bukan tidak mungkin lagi kesenian nasional akan menjadi icon dalam setiap acara resmi pada instansi pemerin tah maupun swasta.



Redaksi Media Pendidikan sangat bangga dan mengucapkan penghargaan setinggi tingginya pada seluruh jajaran TNI, khusus nya di jajaran KODAM V Brawijaya yang dengan bangga menampilkan seni Reog Ponorogo pada acara penting dan terhormat tersebut.Selamat dan sukses pak Soewarno, semoga jajaran TNI dilingkungan KODAM V Brawijaya dapat menjadi suri tauladan bagi pendidikan nasional kedepan, khu susnya semangat cinta tanah air. Semangat cinta tanah air yang diwujudkan dalam pemen tasan kesenian tradisional patut dan harus dicontoh oleh seluruh gene rasi muda penerus perjuangan bangsa dalam rangka mening katkan cinta tanah air. (MD/MP).

Leave a Reply

*