May 22, 2017

Memaksimalkan Kegiatan Sekolah Untuk Meraih Prestasi

Era globalisasi dan tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas sudah menjadi salah satu acuan dalam pengembangan pendidikan menengah. Hal inilah yang menjadi pemicu bagi Drs. R. Eko Pribadi, S.Pd untuk mengerah kan seluruh pengajar di SMA PGRI Lawang secara bersama-sama memajukan sekolah.

Dengan tekad “sekali layar terkembang, pantang surut ketepi an”, digerakkannya seluruh sumber daya manusia yang ada disekolah untuk memaksimalkan kegiatan guna meraih prestasi yang lebih baik dan lebih maju. Mulai dari penataan manajemen sekolah, kegiatan proses pembelajaran sampai kegiat an non akademik dikelola dengan sebaik-baiknya secara profesional dan berkelanjutan.

Hasil kerja keras ternyata membuahkan hasil yang sangat menggembirakan, hal ini nampak pada beberapa prestasi yang telah diraih sekolah. Dalam bidang manajemen pengelolaan sekolah, SMA PGRI Lawang berhasil meraih juara perta ma sekolah sejenis dilingkungan PGRI seluruh Jawa Timur. Ini meru pakan suatu prestasi yang cukup membaggakan, karena sekolah ini berada disuatu kecamatan bukan di kota. Perakitan komputer menjadi pilihan mata pelajaran muatan lokal yang ditawarkan, karena makin tingginya kebutuhan akan tenaga terampil dalam bidang komputer. Oleh karenanya penguasaan mata pelajaran ini ditambah dengan mata pelajaran Teknologi Informasi Kom puter dengan berbagai fasilitas yang disediakan sekolah untuk menun jang proses pembelajaran.

Demikian juga mata pelajar an bahasa asing, selain bahasa Inggris diberikan pula 2 bahasa internasional sebagai tambahan yaitu bahasa Jepang dan bahasa Jerman. Siswa/siswa diarahkan bukan hanya untuk mengetahui ba hasa asing saja, akan tetapi untuk menggunakannya sehingga dapat menunjang kehidupan mereka di masa yang akan datang. Oleh kare nanya diberikan juga mata pelajaran speaking dan speaking area seba gai penunjangnya untuk meningkat kan kemampuan siswa/siswi dalam berbahasa Inggris secara aktif seba gai bekal dalam menghadapi persaingan global.



Untukkegiatan ekstra kuriku le yang sekarang disebut dengan “pengembangan diri” disediakan beragam kegiatan yang menjadi wadah bakat dan minat siswa. Dalam bidang jurnalistik, telah dapat diterbitkan majalah sekolah yang bernama ASCO yang dikelola oleh siswa/siswi sendiri.

Sebagai hasil kerja keras yang telah diraih adalah juara I, II dan III Perisai Diri Tingkat Jawa Timur pada tahun 2008, juara III lom ba Musikalisasi Puisi Bahasa Jer man di Universitas Negeri Malang, juara III News Readings Tahun 2008, juara III Lomba Karikatur di Universitas Brawijaya Malang, juara I lomba Esai bahasa Inggris se-Jawa Bali, juara I Mata Pelajaran antar SMA PGRI se eks karesiden an Malang, juara I lomba Volley se Kecamatan Lawang, juara I pawai dan karnaval tingkat kecamatan La wang.Dan sebagai pamungkas adalah terpilih sebagai “ 10 Besar Lomba Karya Tulis Ilmiah – Lingkung an Hidup Tingkat Nasional “.

Semua hasil keras dengan memaksimalkan kegiatan sekolah ini, semata-mata merupakan sumbangsih SMA PGRI Lawang dalam rangka menyiapkan generasi muda penerus perjuangan bangsa. Kiat cerdas dari seorang kepala sekolah yang bekerja keras dalam dunia pendidikan (MD/MP)

Comments

  1. Didien® says:

    keberhasilan dalam meraih prestasi memang tanggung jawab semua komponen yg ada di dalamnya..
    betul kan pak?

    salam, ^_^

Leave a Reply

*