January 24, 2017

RPJPD Kab Malang – Pembangunan Pendidikan (Bekal Untuk Calon Bupati)

Dalam rangka mengintegra sikan perencanaan pembangunan daerah kedalam sistem pembangu nan nasional, Pemerintah Kabupaten Malang telah berhasil menyu sun dokumen perencanaan pemba ngunan daerah berupa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Malang yang dituangkan dalam Perda Kabupaten Malang Nomor 6 Tahun 2008 yang ditandatangani Bupati Malang tanggal 14 April 2008.

Selain merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah sebagai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pemba ngunan Nasional, maksud disusun nya RPJPD ini adalah untuk menja min keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran pelaksanaan dan pengawasan pembangunan daerah dalam jangka waktu 20 tahun, memberikan arah pembangunan , menjamin tercapai nya integrasi, sinkronisasi dan siner gi antar pelaku pembangunan, men jamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara effisien, berke-adilan dan berkelanjutan, mencipta kan sinergitas pelaksanaan pemba ngunan daerah antar wilayah, antar sektor pembangunan dan antara tingkat pemerintah, mendukung koordinasi antar pelaku pembangun an serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

Sedang tujuan penyusunan dokumen RPJPD ini adalah, pertama tersedianya dokumen perencanaan daerah periode 20 tahun dan selanjutnya dijadikan pedoman atau acuan dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangun an daerah; kedua, sebagai bahan evaluasi proses pembangunan yang sedang dan telah berjalan.

Dalam perencanaan pemba ngunan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan masih meru pakan faktor yang menentukan kuali tas pendidikan. Oleh karena itu tantangan yang dihadapi dalam kurun waktu 20 tahun kedepan ada lah menyediakan pelayanan pendidi kan yang berkualitas yaitu untuk meningkatkan jumlah proporsi pen duduk yang menyelesaikan pendidi kan dasar, memberantas buta aksa ra, menurunkan kesenjangan pendi dikan yang cukup tinggi antar kelom pok masyarakat termasuk antara penduduk kaya dan miskin, mening katkan kualitas dan layanan pendidi kan yang ditandai dengan mening-katnya angka partisipasi sekolah serta meningkatnya rasio sekolah kejuruan dibandingkan dengan sekolah umum. Dengan memperhatikan amanat pembangunan dibidang pendidikan yang tercantum dalam RPJPD dan mempertimbangkan apa yang telah dicapai oleh Bupati saat ini, maka perlu dipikirkan oleh seluruh masyarakat pendidikan akan pentingnya pelaksanaan pem bangunan pendidikan di Kabupaten Malang pada masa mendatang.



Untuk itu perlu dipikirkan oleh segenap masyarakat di Kabupaten Malang, mencari sosok atau kriteria bakal calon bupati atau calon wakil bupati yang di harapkan dapat menuntaskan masalah pembangun an dibidang pendidikan ini. Kemam puan manajerial dan kesanggupan untuk menjalankan amanat RPJPD Kabupaten Malang, khususnya di bidang pembangunan pendidikan akan sangat menentukan nasib pendidikan di Kabupaten Malang dalam masa mendatang. Kalau tidak, maka akan meranalah nasib dunia pendidikan ….. ? Dalam berbagai event yang ada, Media Pendidikan akan men coba untuk mewawancarai bebera pa tokoh masyarakat pendidikan, baik yang ada dipusat maupun di daerah dan mempersembahkan kepada para pembaca. (MD/MP)

Comments

  1. semoga RPJPD berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan kemajuan pendidikan, pembangunan serta teknologi yang ada untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.
    selamat berprestasi semoga sukses dan tetap semangat

  2. bupati harus anti korupsi, pro rakyat,

Leave a Reply

*