January 24, 2017

RPJPD Kab Malang – Sasaran Pembangunan Pendidikan

Sebagaimana tertuang dida lam Perda Kabupaten Malang No. 9 tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Malang Tahun 2005-2010, pembangunan bidang pendidikan yang merupakan prioritas pembangunan nasional secara otomatis merupakan prioritas pembangunan didaerah. Ada 3 tantangan yang diha dapi dunia pendidikan, pertama sebagai akibat dari krisis ekonomi, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil hasil pembangunan yang telah dicapai. Kedua, dalam menghadapi era glo bal dunia, pendidikan dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manu sia yang kompeten agar output-nya mampu bersaing dalam pasar kerja global. Ketiga, sejalan dengan di berlakukannya otonomi daerah, perlu dilakukan penyesuaian untuk mewujudkan proses pendidikan yang lebih demokratis, memperhati kan keberagaman kebutuhan /keadaan daerah dan peserta didik serta mendorong partisipasi masyarakat.

Dengan potensi pendidikan yang dipunyai, ada beberapa perma salahan, antara lain : kurangnya pe-merataan memperoleh pendidikan yang bermutu; rendahnya kualitas pembelajaran; kurangnya relevansi pembelajaran; masih banyak sarana dan prasarana (utamanya gedung SD) yang mengalami rusak berat; tidak meratanya penempatan dan kebutuhan tenaga pengajar serta masih kurangnya jumlah tena ga pengajar; dan belum jelasnya pembagian kewenangan dan tang-gung jawab antara pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi terhadap lembaga pendidikan ting-kat SMP dan SMU/SMK dalam hal pembangunan dan perbaikan sara-na dan prasarana pendidikan.

Sasaran yang hendak dicapai oleh pasangan Sujud Pribadi dan Rendra Kresna dalam kurun waktu 2005-2010 antara lain meningkatnya mutu pendidikan, meningkatnya proporsi anak yang terlayani pada pendidikan dini, terbentuknya sekolah unggulan di setiap kecamatan dan meningkatnya peranserta masyarakat dalam pembangunan pendidikan.



Untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan tersebut akan ditempuh kebijakan untuk mening-katkan mutu dan relevansi pendidik an dan kebijakan pemerataan yang diwujudkan dalam berbagai program, yaitu : program pendidikan pra-sekolah; program pendidikan dasar; program pendidikan mene-ngah, umum dan kejuruan, program peningkatan sarana dan prasarana pendidikan; program pendidikan luar sekolah (PLS), program pembi naan tenaga kependidikan, program penunjang pengembangan pendidik an dan kebudayaan serta program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan.

Target khusus yang merupa kan tekad Pemerintah Kabupaten Malang dalam pembangunan dunia pendidikan adalah keinginan untuk membentuk Program Sekolah Ung-gulan disetiap kecamatan, antara lain SMP pada 8 kecamatan, SMA pada 3 kecamatan dan SMK pada 3 kecamatan. Selain itu, dalam rang ka pemerataan pendidikan pada wilayah terpencil akan diusahakan insentif khusus bagi pendidik dan dibarengi peningkatan gizi murid melalui makanan tambahan.

Saat ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan program pem bangunan yang dituangkan dalam Perda Kabupaten Malang Nomor 9 Tahun 2006 tentang RencanaPem bangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2005-2010, berhasilkah pasangan Sujud Pribadi dan Rendra Kresna dalam melaksanakannya ? Redaksi akan mengkorfima-sikan kepada yang bersangkutan untuk memberikan penjelasan dan uraiannya sebagai bentuk pertang gunganjawaban kepada masyara kat Kabupaten Malang, terutama masyarakat berkecimpung dalam dunia pendidikan. (MD/MP)

Leave a Reply

*