December 17, 2017

Kesenian Tradisional Kuda Lumping

Seiring dengan kemajuan jaman yang telah dicapai dengan tidak meninggalkan rasa nasionalis yang tinggi, beberapa saat yang lalu Wakil Bupati Malang telah melantik satuan perlindungan masyarakat (LINMAS) Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang – Kabupaten Malang. H. Rendra Kresna menyem-patkan datang ke lapangan segitiga dimana acara pelantikan ini dilaksa-nakan dengan menampilkan kesenian tradisional Kuda Lumping seba gai hiburannya, sehingga berbon- dong bondonglah masyarakat kota Lawang melihatnya. Memang saat ini sebagian besar anak bangsa sedang terlena akan kebudayaan asing/barat yang bisa dikatakan lebih memenuhi sele ra anak muda masa kini, akan tetapi ternyata keinginan untuk melihat dan menikmati kesenian tradisional yang jarang diketemukan menjadi terciptanya nuansa kebangsaan yang lebih mendalam.

Kesenian tradisional Kuda Lumping yang ditampilkan bukanlah diambil dari daerah lain, akan tetapi karya anak bangsa yang berada dan berdomisili di Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang – Kabupaten Malang sendiri. Luar biasa ….. ?! Pada saat kebudayaan nasional sudah menjadi puing puing yang hampir lapuk karena dimakan oleh hingar bingarnya kebudayaan barat, masih ada anak bangsa yang beru saha menghidupkan sisa sisa budaya nasional.



Sayangnya, usaha yang di-lakukan tidak mendapatkan tang-gapan dari pihak pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Malang. Padahal dengan keberada an kesenian tradisional yang mum puni merupakan daya tarik tersendi ri bagi bangsa asing/barat yang saat ini sedang kehilangan jatidiri dan kebangsaannya, dikarenakan punahnya kesenian tradisional yang mereka miliki. Untunglah, masih ada peja bat negeri ini yang selalu ingin menampilkan kesenian-kesenian tradisional dalam acara acara elite tanpa rasa malu sedikitpun. Menga-pa harus malu untuk menampilkan budaya sendiri, padahal masih ba-nyak yang tidak malu untuk menam pilkan budaya asing.

Selamat dan salut kepada bapak H.Rendra Kresna atas kese-diaannya untuk menampilkan kesenian tradisional dalam acara acara resmi sebagai hiburan segar kepada masyarakat. Selamat juga kepada bapak Lurah Lawang yang tidak malu untuk menampilkan kesenian milik bangsa sendiri. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu memberikan rakmat-Nya. (Nung-Ried/MP)

Keywords:

kesenian tradisional kuda lumping

Leave a Reply

*