May 24, 2017

SMP Negeri 3 Lawang – Dari SSN Menuju RSBI

Sekolah yang berdiri sejak 22 Nopember 1985 dengan luas lahan sekitar 17.000 m2 saat ini sedang memasuki tahun ketiga sebagai sekolah berstandar nasional (SSN).Oleh karena itu tidak berlebihan bila sekolah ini berbenah diri melengkapi sarana dan prasarana untuk mempersiapkan peningkatan ranking menuju Rintisan Sekolah Berstandar Internasional, mengingat peluang untuk itu masih bisa dijangkau dengan dukungan berbagai pihak.

Drs H Trisno Hadi, M.Pd Kepala SMP Negeri 3 Lawang menyatakan bahwa dengan kelengkap an sarana dan prasarana yang ada sekarang ini, kemungkinan untuk meningkatkan ranking menuju Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) hanya tinggal waktu dan melengkapi beberapa kekurangan sarana dan prasarana ringan.

Saat ini fasilitas pembelajaran yang dimiliki sekolah adalah :
- Gedung dan areal tanah yang memadai.
- Ruang belajar yang representa-tif dilengkapi multimedia.
- Ruang perpusatakaan
- Laboratorium Biologi
- Laboratorium Fisika
- Laboratorium Bahasa
- Laboratorium Komputer
- Internet saat pembelajaran dan diluar jam sekolah
- Internet hotspot/wifi dilingkungan sekolah
- Lapangan Olah Raga
- Ruang UKS dilengkapi dengan dokter dan paramedis
- Musholla
- Koperasi siswa dan kedai photo-copy
- Lingkungan sekolah yang asri.

Adapun kegiatan pembela-jaran disekolah menggunakan kuri kulum nasional, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pembelajaran mengguna-kan metode yang inovatif, kreatif, kontektual dan menyenangkan dan proses pembelajaran tidak selalu didalam kelas secara teoritis, tetapi juga dilakukan diluar kelas secara nyata.
Sekolah juga menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan dan non pendidikan lain nya, misalnya Pusat Penelitian Ke-bun Raya Purwodadi, Balai Perta-nian, PT Telkom dan lain lain



Disamping itu, kegiatan eks-tra kurikuler yang dilaksanakan di sekolah cukup ,meyakinkan, antara lain meliputi :
- Kepramukaan
- Olah Raga (misalnya Se-pak bola, Volley, basket dan renang jika dibutuhkan).
- Seni tari modern dan juga tari tradisionil.
- Seni musik dan seni suara
- Seni Drama
- Majalah dinding (mading)
- Karya Ilmiah Remaja (KIR)
- Bahasa Inggris
- Seni Baca Al Qur’an.

Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sangat mendukung, hanya perlu dicarikan beasiswa S-2 bagi beberapa pejabat sekolah yang memegang tanggung jawab penting seperti kurikulum dan sebagainya. Harapan kepala SMPN 3 Lawang, masyarakat dan stockholders dapat mendukung semua program yang direncanakan sekolah, sehingga nantinya tidak terlalu sulit untuk meraih sertipikat Rintisan Sekolah Berstandar Internasional sebagaimana yang terjadi di SMP Negeri 1 Singosari dan SMP Negeri Kepanjen IV. (MD/Media Pendidikan)

Leave a Reply

*