March 25, 2017

Integrated Communication – Solusi Kesenjangan Informasi Dari Sekolah ke Masyarakat

Tuntutan era globalisasi yang menjadikan sebagai sumberdaya percepatan perilaku ekonomi, politik, sosial dan budaya menyebabkan arus dan daya serap informasi dilakukan melalui media elektronik yang serba cepat pula. Karena obyek pembangunan pendidikan adalah masyarakat sebagai identitas suatu bangsa, maka informasi yang disampaikan juga harus merupakan media komunikasi yang mengandung makna pendidikan dan pembelajaran, sehingga perubahan perilaku yang diakibatkan merupakan perubahan perilaku kolektif dari suatu bangsa dalam proses membangun.

Jika dirasakan selama ini permasalahan dari dunia pendidikan itu sendiri adalah adanya ketertinggalan dalam mutu pendidikan, baik pendidikan formal maupun non-formal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa, oleh karena itu kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia agar tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia dari negara negara lain.

Penyebab rendahnya mutu pendidikan antara lain adalah masalah efektivitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun beberapa permasalahan pokok dalam dunia pendidikan antara lain:
1. Rendahnya sarana fisik,
2. Rendahnya prestasi siswa
3. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan.

Permasalahan tersebut diatas terjadi salah satunya adalah karena adanya kesen-jangan informasi antara sekolah dengan orangtua siswa yang hingga saat ini belum ditemukan suatu metode atau alat sebagai solusi yang tepat efektif dan efisien dari segi biaya untuk dapat menjembatani kesenjangan itu.

Salah satu hasil pemikiran anak bangsa telah berhasil menemukan suatu alat yang diberi nama I Com atau Intregrated Communication yang dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kesenjangan informasi dalam pendidikan dan pembelajaran sehingga secara tidak langsung memberikan kontribusi positif dalam merubah perilaku membangun bangsa agar memiliki perilaku membangun.



Adapun nilai lebih dari aplikasi I Com adalah untuk mengatasi permasalahan di atas sebagai berikut:
1. Rendahnya sarana fisik, diatasi dengan adanya penambahan sarana fiisik yaitu alat komunikasi yang mudah dioperasikan dan sangat murah dari segi biaya yang mendukung program pendidikan sekolah dengan menjembatani hubungan antara sekolah, guru dengan orangtua siswa.
2. Rendahnya prestasi siswa akan dapat teratasi dengn adanya informasi secara update mengenai kegiatan belajar siswa yang ber kelanjutan antara pihak sekolah/guru dengan orang tua siswa. Informasi tersebut dapat mencakup segala hal yang berkaitan dengan prestasi siswa maupun segala informasi program pendidikan dan kegiatan sekolah yang diinformasikan langsung dari sekolah kepada orang tua siswa, sehingga diharapkan orangtua siswa terlibat secara pro-aktif dalam melakukan kontrol kegiatan belajar anaknya.

Integrated Communication akan sangat membantu sistem akses koneksi informasi dari sekolah ke handphone orangtua siswa dan juga dilengkapi dengan sistem absensi online yang secara otomatis mengirim data mengenai jam masuk dan jam pulang sekolah tiap siswa langsung terkirim ke handphone orangtua siswa. Dalam waktu dekat sistim ini akan diperkenalkan pada sekolah sekolah yang ada di Jawa Timur, terutama di Malang Raya.

Leave a Reply

*