July 24, 2017

Menengok Perkembangan SMA Negeri 1 Malang

Malang, MP. Ditemui diruang kerjanya Drs HM Sulthon, M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Malang menyambut dengan ramah dan penuh kekeluargaan pada Media Pendidikan. Pria ini menjelaskan dengan rinci tentang perkembangan yang telah diraihnya dalam mengelola pendidikan disekolahnya. Diceriterakan bahwa sejak ditandatangani MOU dengan Gothe Institut Indonesia, maka semangatnya untk menjadikan SMA Negeri 1 Malang menjadi Sekolah Berstandar Internasional akan segera menjadi kenyataan. Dan hal ini ternyata bukan sekedar impian, akan tetapi telah menjadi kenyataan dengan dinaikkannya status sekolahnya menjadi rintisan sekolah berstandar internasional.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa dengan adanya MOU dengan pihak Jerman tersebut, maka para siswa di SMA negeri 1 Malang dipacu untuk menguasai bahasa Jerman agar dapat melanjutkan studi ke universitas di Jerman. Kini beberapa inovasi di bidang teknologi sedang dijajaki olehnya untuk dicoba diterapkan di sekolah, seperti laboratorium bahasa yang sedang dikerjakan dan kemungkinan pada akhir tahun selesai.

Sedangkan untuk meningkatkan komunikasi pihak sekolah dengan orangtua / wali siswa. sekolahnya kini mendapat kepercayaan untuk dijadikan pilot proyek pemasangan Integrated Communication (Icom) dari antara sekolah menengah di Jawa Timur bersama SMKN 1 Singosari. Dengan adanya Icom, nantinya orangtua/wali siswa akan dapat mengetahui apakah putera-puterinya sekolah atau membolos karena ada absensi sistim online yang tersambung langsung ke HP orangtua/wali siswa. Semua prestasi dan kepercayaan yang diberikan kepada Drs HM Sulthon, M.Pd tentunya bukanlah kebetulan saja, akan tetapi memang pria ini cukup bisa diandalkan untuk membuka diri terhadap segala macam kemajuan teknologi.



“Semua kemajuan teknologi saya tampung dan analisa, apakah memang mempunyai manfaat bagi para siswa. Kalau manfaatnya lebih kecil daripada mudhorotnya, ya lebih baik kita tinggalkan.” Tak dapat disangkal, bahwa apa yang telah diraihnya dikatakan hanya merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, perkara hasil atau gagal harus diserahkan pada Sang Pencipta. Dengan demikian akan mengurangi kesombongan dirinya sendiri dan menjadikan lebih positif. Bravo SMAN 1 Malang, semoga kedepan akan makin meningkat dan maju.

Keywords:

sman 1 malang

Leave a Reply

*