September 21, 2017

Pengurus Komite SMA Negeri 1 Lawang Akhirnya Terbentuk

Setelah mengalami perjalanan panjang dan melelahkan semua pihak, akhirnya Kepala SMAN 1 Lawang menerbitkan Surat Keputusan tentang Susunan Pengurus Komite SMA Negeri 1 Lawang Periode 2010 – 2013 pada tanggal 9 Desember 2010 yang lalu. Dikatakan Drs H Sugeng Hadiono selaku Kepala SMA Negeri 1 Lawang bahwa oleh hal ini dilakukan mengingat sekolah membutuhkan kerjasama yang baik dan bermitra dengan komite sekolah dalam meningkatkan dan memajukan proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Lawang.

Pembentukan komite ini sempat mengundang kontroversi dari berbagai pihak, termasuk pengurus komite yang lama, alumni dan juga beberapa orangtua/wali siswa yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Lawang. Akan tetapi sampai diserahkannya Surat Keputusan Kepala UPTD SMA Negeri 1 Lawang No.421/460/ 421.102.831.001/2010 tentang Susunan Pengurus Komite SMA Negeri 1 Lawang periode 2010- 2011 ke kantor redaksi, ternyata terjadi apapun.

Ketika diwawancari MP tentang kemungkinan digugat di PTUN Surabaya untuk mengetahui dan menguji keabsahan surat keputusan yang dibuatnya, kepala sekolah yang berwajah serius namun ramah ini mengatakan bahwa dirinya tidak bisa berbuat banyak. Hal ini disebabkan karena sekolah segera membutuhkan kepengurusan komite yang baru dan bisa bekerjasama untuk meningkatkan pendidikan di sekolah.

Drs H Suwandi, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ketika dikonfirmasi melalui short massage service tentang adanya kemungkinan gugatan PTUN terhadap langkah Kepala UPTD SMA Negeri 1 Lawang ini mengatakan akan memanggil dan meminta keterangan lebih lanjut kepada kepala sekolahnya.

HM Yachya Abuamar, SH salah seorang walimurid yang sedikit banyak mengerti tentang duduk permasalahan yang ada seputar kemelut kepengurusan komite SMA Negeri 1 Lawang pernah diberitahu oleh HM Natsir (salah seorang anggota pengurus komite), bilamana pengurus komite yang lama tidak mempunyai SK kepala sekolah. Dirinya tersenyum, karena dia sudah punya photocopy SK kepala sekolah yang menetapkan kepengurusan Komite SMA Negeri 1 Lawang periode 2009 – 2013 dengan nomor 800/164/421.102.831. 001/2009 yang ditetapkan kepala sekolah tanggal 15 Agustus 2009.



Sedangkan seorang alum ni SMA Negeri 1 Lawang yang anaknya disekolahkan di SMA Negeri 1 Lawang belum berani berkomentar. Hanya menurut pandangannya kalau memang ada yang tidak beres dalam pembentukan dan penyusunan pengurus Komite SMA Negeri 1 Lawang yang ditetapkan oleh tanggal 9 Desember 2010 itu, dirinya siap untuk menguji ke absahan penerbitan SK Kepala UPTD SMA Negeri 1 Lawang tersebut melalui Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya.

Tetapi sebelumnya dirinya akan membuat laporan dahulu kepada Sekretaris Kabupaten Malang selaku Pembina PNS di Kabupaten Malang dan Kepala Dinas Pendidikan selaku atasan langsung dari Kepala SMA Negeri 1 Lawang. Pasalnya selama dirinya menyekolahkan 5 anak-anaknya, belum pernah menerima laporan pertanggung jawaban keuangan sekolah sebagaimana diatur dalam peraturan perun-dang undangan.

Saat ini kepala SMA Negeri 1 Lawang telah digugatnya karena menentukan besarnya uang sekolah tahun ajaran 2010/2011 tanpa musyawarah dengan orangtua murid dan juga belum mendapat ijin dari Bupati Malang. “Kalau saya nggak perlu banyak bicara, kalau memang ada aturan yang dilanggar ya digugat saja di pengadilan dan ini merupakan langkah hukum yang diatur undang undang.” katanya sambil tersenyum.

Leave a Reply

*