September 21, 2017

Apakah Sekolah Harus Gratis dalam Wajib Belajar 9 Tahun?

Malang, MP. Tokoh masyarakat yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua PCNU Kab. Malang ini menyambut baik atas hadir dan sempatnya Menteri Pendidikan Nasional ke Malang dan mengadakan silahturahmi dengan para guru dan kepala sekolah.

“Sayang pertemuan silaturahmi tersebut bersifat intern, seharusnya masyarakat dilibatkan agar dapat memberikan saran dan pendapatnya yang seharusnya didengar oleh pak Menteri.” tuturnya pada MP. Sarjana hukum yang banyak berkecimpung dalam masalah sosial keagamaan dan juga pengurus komite sekolah salah satu SMP Negeri di Kabupaten Malang ini menyatakan bahwa ada 3 pilar yang harus dijadikan petimbangan dalam melaksanakan program, yaitu pelaksana, sistem dan infrastruktur yang di sediakan.

“Kalau Pelaksananya punya integritas, sistemnya baik dan infrastruktur yang tersedia mencukupi. Program Wajib Belajar harus dilaksanakan tanpa mengadakan pungutan dana pada orangtua / wali.” Selanjutnya dijelaskan bahwa apabila memang infrastrukturnya tidak mencukupi, sudah barang tentu masih perlu tambahan dana dari orangtua / wali murid.

“Saya kira tidak semua orangtua / walimurid ingin menikmati sekolah gratis, akan tetapi bagi yang mampu secara ekonomis akan merasa malu dan ingin memberikan kontribusi yang memadai. Karena hal ini demi kepentingan anak anaknya juga, khan?” Namun dirinya tidak menolak kenyataan yang ada bahwa banyak kepala sekolah yang tanpa dasar hukum dan alasan yang jelas memaksakan diri untuk melakukan pungutan dana kepada orangtua / wali murid.



Kepala sekolah itu kan aparat pemerintah daerah, kalau kepala daerahnya konsistent untuk menjalankan semua aturan yang berlaku tentunya dengan mudah akan mengeluarkan perintah atau larangan. Dan saya yakin tidak akan ada kepala sekolah yang berani melanggar, karena bisa saja nanti kepala daerah akan mencopotnya dari jabatannya.” Mantan ketua MWC NU Kecamatan Lawang itu juga menghimbau agar para kepala sekolah berhati-hati didalam melakukan pungutan dana dari orangtua / wali murid. Musyawarah secara baik baik dan tidak arogan akan lebih menghasilkan kesepakatan yang baik.

Leave a Reply

*