May 27, 2017

Himbauan Mendiknas Harus Dipatuhi!

Salah seorang Kepala Sekolah yang berhasil ditemui Media Pendidikan menyatakan bahwa kalau Menteri Pendidikan Nasional sudah memberikan “warning” seperti yang disampaikan pada acara silaturahmi di Pendopo Agung Kabupaten Malang beberapa waktu yang lalu, maka tidak usah mensiasati dengan berbagai teknik untuk mengadakan pungutan yang bertentangan dengan peraturan yang ada.

“Saya berpendapat lebih baik kalau mengikuti peraturan dahulu sambil berharap agar Pemerintah Daerah mengeluarkan dana pendamping BOS. Karena nanti yang akan menghadapi masalah hukum kan kita kita juga.” katanya pada MP. Selain itu dijelaskan pula bahwa saat ini masyarakat sudah sangat kritis dan berani melakukan tuntutan hukum kepada kepala sekolah, oleh karena itu dirinya memandang perlu untuk mempelajari lagi peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pendidikan dan reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah.

Pria banyak senyum ini mengakui sebenarnya dengan dana BOS yang ada sudah cukup untuk menjalankan operasional proses pembelajaran, akan tetapi sangat pas-pasan. Oleh karena itu memang sangat diperlukan tambahan dana untuk menutupi kekurangannya. “Kalau mau membangun bangunan baru disekolah rasanya dana BOS tidak akan cukup, kecuali ada orangtua / wali siswa yang berkenan untuk memberikan bantuan atau sumbangan secara sukarela. Saat ini sulit mencari orangtua/wali yang dengan sadar mau datang dan memberikan bantuan sukarela pada sekolah. Kebanyakan dari mereka bersikap pasif.”



Dikatakan pula bahwa mencari pengurus komite sekolah yang betul betul mau bekerja dengan ikhlas membantu pihak sekolah juga sangat sulit, pada-hal permasalahan ini seharusnya menjadi tugas komite sekolah. Hal yang juga sering membuat pihak sekolah bingung dan pusing adalah peran serta masyarakat baik LSM maupun perorangan yang bisanya hanya mengkritisi tetapi tidak bisa memberikan solusi yang baik.

“Saya berharap semoga pada tahun 2011 nanti akan dapat dicarikan jalan atau solusi yang dapat melegahkan semuanya, baik sekolah, orang tua / wali siswa dan pemerintah daerah. Mudah mudahan ada satu pertolongan dari Allah SWT dan dunia pendidikan dapat berjalan sesuai dengan yang dikehendaki berbagai pihak.” tuturnya mengakhiri.

Comments

  1. bener tuh kata pak kepala sekolah.

  2. mustofa says:

    semoga dana bos tidak digunakan oleh para oknum yg tdk bertanggung jwab!

Leave a Reply

*