August 1, 2014

Dana BOS Tahun 2012 Sudah Mencukupi, Jangan Ada Pungutan di Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang

Lawang, MP (19/12) Drs. H. Suwandi MM.M.Si Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menyatakan secara resmi bahwa Dana BOS Tahun 2012 sudah mencukupi kebutuhan beaya operasional sekolah, baik di tingkat SD Negeri maupun SMP Negeri. Oleh karena itu diharapkan agar para Kepala SDN dan SMPN di seluruh Kabupaten Malang tidak lagi melakukan pungutan terhadap orangtua/wali peserta didik.

Hal ini disampaikan oleh H. Suwandi dengan blak-blakan dan dengan perhitungan yang gamblang di hadapan peserta dan undangan acara sosialisasi visi misi Bupati Malang yang diselenggarakan di Kecamatan Lawang. Pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini diberikan dalam rangka menjawab pertanyaan salah seorang peserta tentang anggaran pendidikan di Kabupaten Malang, tunjangan sertifikasi dan pelaksanaan DAK di Kabupaten Malang.

Disampaikan pula bahwa Dana BOS untuk tahun 2011 sudah cair semuanya, sehingga tidak ada permasalahan lagi dalam pelaksanaan Dana BOS Tahun 2011 di Kabupaten Malang. Sedangkan dengan adanya rencana kenaikan Dana BOS Tahun 2012 yang dirasa sudah mencukupi untuk menutup seluruh beaya operasional sekolah diharapkan sekolah negeri (SDN/SMPN) di Kabupaten Malang tidak lagi melakukan pungutan dana terhadap orangtua/wali peserta didik.

Menanggapi hal ini, seorang pemerhati pendidikan menyatakan bahwa apa yang dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang tersebut patut diapresiasi, namun yang perlu dipantau oleh masyarakat adalah tindakan kepala SDN/SMPN pada tahun 2012 nanti apakah akan mematuhi pernyataan kepala dinasnya. Dirinya telah membuat persiapan untuk ikut memantau segala bentuk penyimpangan yang akan terjadi disekolah pada tahun 2012 yang akan berlangsung beberapa hari ke depan (Sing/MD).

Related posts:

  1. Pungutan Sekolah Akan Dibatasi Tahun 2012
  2. Tahun 2012 Dana BOS Siswa SD Rp 580.000 dan SMP Rp 710.000
  3. Alokasi Dana BOS Tahun 2012 Naik 40,5%
  4. Kenaikan Dana Bos 2009 Sudah Termasuk BOS Buku
  5. Belum Ditunjuk Sebagai Pemenang Lelang, Kontraktor Sudah Melaksanakan Pekerjaan

Comments

  1. Harapan pak Suwandi di atas kayaknya sulit sekali gan terlaksana.
    Contoh: Apa cukup dana yang ada untuk pemeliharaan gedung dan sarpras lainnya?

  2. azhar says:

    apa ia, sudah sering kita dengar hal senada, nyatanya dilapangan jauh dari kenyataan, lebih pintar kepala sekolah dan Pemerintah daerah/kota dari kemdiknas, sehingga nada-nada hapuskan pungutan dari kemdiknas ibarat pepatah kuno “Anjing menggongong kafilah berlalu”, tapi marilah kita ikuti saja, apa iiiiiaaaa?

  3. youth chamber says:

    benar sekali pendapat azhar di atas. saya tdk tahu apa yg salah dengan pengelolaan dana pendidikan di negeri ini. pemerintah sudah diwajibkan UUD 1945 untuk membiayai pendidikan dasar bagi warga negaranya. nyatanya banyak juga saudara, tetangga dan masyarakat miskin yang masih dipungut untuk bayar biaya pendidikan sd dan smp. sepertinya produk-produk hukum yg pro rakyat itu hanyalah aturan belaka yg tidak mampu dilaksanakan oleh pemerintah sendiri. correct me if im wrong.

    salam dari us youth chamber

  4. Supriadi, S.Pd.I says:

    semua keuangan digratiskan menurut saya tidak mungkin dan menyalahi aturan Allah dan Rasulnya. ingat dalam kitab diterangkan bahwa untuk mendapat ilmu itu ada syaratnya yaitu anaknya cerdas, sungguh-sungguh dalam mencari ilmu, ada modalnya biaya (yg harus ditanggung anak didik/orangtua) dll. kl ilmu ingin bermanfaat bayar ilmu itu diumpamakan satu huruf zaman dulu dengan sekian dirham. sekarang banyak yang mau gratis sehingga keberkahan ilmu itu semakin berkurang. ruhul zihadnya tidak ada, karena barang siapa yang ingin kaya ilmu berbuat baiklah kepada Guru, dan barang siapa yg ingin kaya harta berbuat baiklah kpd orangtua,
    semoga guru juga tidak materialistik karena akan menghilangkan ruhul zihad dan ilmu tidak bermanfaat alias sukar nerap di kepala anak didik. wallahu a’lam.

  5. Bintek Nasional says:

    Perkenalkan kami adalah lembaga penyelenggara bimbingan teknis (bimtek)

    terpadu di indonesia. Bagi Bapak/Ibu yang ingin mengadakan bimtek instansi terkait

    silakan menghubungi kami di 0821.31.251.999

    Salam Nasional,

    http://www.binteknasional.com/

Leave a Reply

*