May 24, 2017

Pemerintah Siapkan Dana Pengembangan Pendidikan

Jakarta, MP (27/12) Pemerintah sejak tahun 2011 ini telah menyediakan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dengan mengalokasikan dalam APBN-P 2011 sebesar Rp. 2,6 triliun.

Dana pengembangan pendidikan nasional adalah anggaran pendidikan yang dialokasikan untuk pembentukan dana abadi pendidikan (endowment fund), yang bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya, sebagai bentuk pertanggungjawaban antar generasi (intergenerational equity) yang pengelolaannya menggunakan mekanisme dana bergulir, dan dana cadangan pendidikan untuk mengantisipasi keperluan rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam dan dilakukan oleh Badan Layanan Umum (BLU) pengelola dana di bidang pendidikan.

Saat ini, BLU Pengelola Dana di Bidang Pendidikan sedang dalam proses pembentukan. Sebelum BLU tersebut terbentuk, Dana Pengembangan Pendidikan Nasional untuk sementara ini dikelola oleh PIP. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan No.490/KMK.01/2010 tentang Penugasan kepada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk melaksanakan Pengelolaan Endowment Fund dan Dana Cadangan Pendididikan.

Sementara itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 238/PMK.05/2010, tentang Tata Cara Penyediaan, Pencairan, Pengelolaan, dan Pertanggungjawaban Endowment Fund dan Dana Cadangan Pendidikan, dana yang bisa digunakan untuk mendanai kegiatan pendidikan adalah pendapatan operasional dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.



Dengan demikian, Dana Pengembangan Pendidikan Nasional, jumlahnya tidak akan berkurang, dan diharapkan semakin membesar seiring penambahan alokasi dana dari APBN. Dalam RAPBN 2012, alokasi anggaran untuk dana pengembangan pendidikan nasional direncanakan sebesar Rp1,0 triliun. Sehingga dengan alokasi ini berarti jumlah Dana Pengembangan Pendidikan Nasional akan berjumlah Rp.3.6 triliun. (Sumber Nota Keuangan APBN 2012).

Leave a Reply

*