January 24, 2017

Tahun 2012 Dana BOS Siswa SD Rp 580.000 dan SMP Rp 710.000

Jakarta, MP. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama tahun 2012 akan mengalami peningkatan, pasalnya pemerintah akan menambah dana BOS tersebut. Peningkatan itu diharapkan dapat menutupi seluruh biaya operasional sekolah.

Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan M.Nuh dalam siaran pers tertulisnya mengatakan bahwa BOS yang sekarang satuan unit cost-nya masih mencover antara 60-70 persen dari biaya operasional. Oleh karena itu, di BOS 2012 itu dicover 100 persen dari sisi operasional.

Dari anggaran fungsi pendidikan tahun 2012, dana BOS akan ditingkatkan menjadi Rp 23,6 triliun dari sebelumnya Rp 16,8 triliun sehingga dipastikan meningkat sebanyak Rp 6,8 triliun. Satuan biaya untuk tiap siswa jenjang SD yakni Rp 580.000 pertahun, sedangkan untuk tiap siswa SMP menerima Rp 710.000 pertahun. Saat ini, jumlah siswa SD tercatat berjumlah 28 juta siswa dan 10,3 juta siswa SMP.

Peningkatan itu, lanjut Nuh, tidak lantas menghilangkan kewajiban pemerintah daerah untuk mengalokasikan 20 persen anggaran daerah untuk BOS Daerah (BOSDA). Daerah menurutnya masih diharuskan memberikan BOSDA. “Sehingga biaya operasional dan pendampingan daerah memperkuat basis peningkatan kualitasnya,” katanya.



Hampir semua masyarakat mengharapkan agar satuan pendidikan dasar khususnya SD Negeri, Madrasah Ibtidaiyah Negeri, SMP Negeri dan Madrasah Tsanawiyah Negeri yang terikat pada program Wajib Belajar Pendidikan Dasar tidak lagi mengadakan pungutan terhadap orangtua siswa. Karena dengan adanya kenaikan alokasi dana BOS Tahun 2012 ini semua beaya operasional sekolah sudah terpenuhi.

Sedang untuk beaya peningkatan mutu pendidikan, sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah menyediakan BOSDA sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku. (MD/Kemendiknas)

Comments

  1. Radit Prahara says:

    dana BOS tidak seluruhnya
    dinikmati / teralokasi oleh sekolah dan siswa.

  2. Apakah dana bos ini sudah mencakup uang bangku ?

Leave a Reply

*