January 21, 2017

Beasiswa S-2 Untuk Guru Di SMAN 1 Malang

Malang, (11/01) SMA Negeri 1 Malang merupakan salah satu SMA kebanggaan Kota Malang yang telah banyak menelorkan alumnusnya berhasil menduduki jabatan penting baik di kalangan pemerintahan, maupun dikalangan pengusaha. SMA Negeri yang mempunyai status Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ini tercatat sebagai salah satu penghasil prestasi peningkatan mutu pendidikan dilihat dari sarana dan prasarana yang berhasil disediakan mulai dari ruang kelas belajar, laboratorium bahasa, laboratorium IPA sampai dengan usaha kesehatan sekolah dengan menempatkan ruang kesehatan lengkap dengan dokternya didalam komplek sekolah.

Salah satu hal yang perlu mendapat penghargaan adalah adanya program peningkatan mutu tenaga kependidikan yang diprakarsai oleh Komite Sekolah bersama Kepala Sekolah dengan cara memberikan Beasiswa Sarjana Strata Dua (S-2) bagi guru yang berprestasi. Beasiswa yang diberikan berupa beaya kuliah di Universitas Negeri Malang selama 4 semester.

Menurut Budi Harsono mantan Kepala SMAN 7 yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Malang, dirinya hanya meneruskan dan berusaha meningkatkan program yang telah dirintis oleh H.Mohammad Sulthon pendahulunya yang sekarang menjadi Kepala SMAN 3 Malang.

Saat ini guru yang mendapatkan beasiswa untuk memperoleh gelar S-2 adalah sebanyak 4 orang dan kesemuanya mengambil kuliah di Universitas Negeri Malang. Sedangkan yang telah berhasil memperoleh gelar S-2 baru 1 orang tahun 2010 kemarin.



“Program Beasiswa Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan ini merupakan program Komite SMA Negeri 1 Malang dan dananya juga seratus prosen dana milik Komite yang diperoleh dari masyarakat. Kami dan pendahulu kami sangat menyambut gembira atas kepedulian Komite Sekolah terhadap usaha untuk meningkatkan mutu tenaga kependidikan yang ada disekolah..” tuturnya pada Media Pendidikan.

Dari hasil pantauan Media Pendidikan, SMA Negeri 1 Malang ini juga telah menerapkan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010, dimana bagi siswa yang orangtua/walinya mempunyai keterbatasan dibidang ekonomi diberikan keringanan pembayaran Iuran SPP setiap bulannya. Bahkan ada beberapa siswa yang mendapat kesempatan belajar disekolah tanpa dipungut beaya apapun (MD/MP).

Leave a Reply

*