July 24, 2017

Maret 2012, Semua SMP Negeri di Lawang Gratis!

Ada kabar gembira bagi masyarakat Lawang Kabupaten Malang khususnya bagi warga yang menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 1 Lawang, SMP Negeri 2 Lawang dan SMP Negeri 3 Lawang. Pasalnya ketiga SMP negeri di Lawang tersebut mulai Maret 2012 telah mengeluarkan kebijakan untuk membebaskan pungutan biaya pendidikan.

Hal itu tertuang dalam surat edaran yang dibuat berdasarkan Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011 Tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Perihal Larangan Pungutan.

Meskipun demikian, pihak sekolah masih memberikan kesempatan kepada orang tua / wali murid untuk berpartisipasi dengan memberi sumbangan yang tidak mengikat kepada sekolah.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh semua SMP Negeri di Lawang ini sebenarnya cukup mengherankan. Karena sebelumnya banyak pihak yang meragukan bahwa pungutan sekolah yang meresahkan masyarakat dapat diatasi. Hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2011 Tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama juga dirasa sebagian pihak tidak memberi perubahan berarti di berbagai daerah hingga saat ini. Bahkan ada sebagian masyarakat yang meminta supaya Mendikbud mencabut Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011.



Semoga saja kebijakan pembebasan pungutan biaya pendidikan di semua SMP Negeri di Lawang ini juga dapat diikuti oleh semua sekolah di daerah-daerah lain khususnya di Lawang supaya program wajib belajar 9 tahun benar-benar terlaksana tanpa membebani rakyat kecil. Amien.

Leave a Reply

*