October 20, 2018

Permendikbud No. 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada 28 Juni 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar.

Peraturan yang merupakan produk eksekutif ini merupakan bentuk revisi atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Peraturan ini diterbitkan antara lain karena satuan pendidikan itu berprinsip nirlaba dan dapat mengelola dana secara mandiri untuk memajukan satuan pendidikan; pungutan dan/atau sumbangan dalam rangka memenuhi tanggung jawab peserta didik, orang tua/walinya, dan/atau masyarakat haruslah berdasarkan ketentuan perundang-undangan; dalam Permendikbud No 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama terdapat kekurangan dan belum menampung perkembangan kebutuhan satuan pendidikan yang dikelola oleh masyarakat sehingga perlu diganti;



Dengan diterbitkannya Permendikbud No. 44 Tahun 2012 ini maka Permendikbud No. 60 Tahun 2011 dinyatakan tidak berlaku. Selengkapnya silahkan download Permendikbud No. 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar.

Comments

  1. Sepertinya, peraturan ini dibuat dengan tetap memberi celah bagi sekolah untuk mengambil sumbangan dari orang tua. Tanpa kejelasan dan batasan, ruang ini masih bisa jadi lahan empuk bagi oknum untuk me jalankan aksinya.

    Bahkan 4 tahun dari keputusan ini, 2016 pun masih terjadi pungutan memaksa dengan bungkus sukarela.

    Tak ada niatan yang sungguh-sungguh dalam mengurus negeri, sepertinya sudah menjadi praktek biasa dinegeri ini. Surga bagi korupsi.

Leave a Reply

*