May 22, 2017

Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan di SMKN 1 Singosari

Sali Rochani, S.Pd Kepala SMK Negeri 1 Singosari

Sali Rochani, S.Pd Kepala SMK Negeri 1 Singosari

Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan untuk Pendidikan Menengah di kabupaten Malang, khususnya di SMK Negeri 1 Singosari tidak mengalami hambatan apapun.

Hal ini dituturkan oleh Sali Rochani, S.Pd Kepala SMK Negeri 1 Singosari ketika Tim Media Pendi-dikan melakukan peninjauan lapangan beberapa saat yang lalu.

Menurut penjelasannya, SMK Negeri 1 Singosari mendapatkan DAK Pendidikan Menengah Tahun 2014 ini sebanyak 3 (tiga) ruang kelas baru (RKB) dengan nilai total sebesar Rp.476.999.996,- dan 1 (satu) Laboratorium senilai Rp.130.199.991,-. Dana tersebut langsung digunakan untuk melaksanakan pembangunan 3 (tiga) ruang kelas baru dan sebuah laboratorium. Tim Media Pendidikan memang mendapatkan fakta di lapangan bahwa ada pembangunan 3 (tiga) ruang kelas baru dan sebuah laboratorium,

Disinggung tentang Ijin Mendirikan Bangunan sebagaimana diatur dalam pasal 13 ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 11 Tahun 2007 yang menyatakan “setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki Ijin Mendiri kan Bangunan”, pria tinggi besar ini menjelaskan bahwa sebagaimana telah diarahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan agar sekolah penerima DAK segera mengajukan permohonan Ijin Mendirikan Bangunan pada Pemerintah Kabupaten Malang, maka dirinya juga sudah mengajukan permohonan IMB akan tetapi masih diproses di kantor Unit Pelayanan Perijinan.



Sebagaimana sering dilontarkan Bupati Malang agar setiap pendirian bangunan baru di Kabupaten Malang dilengkapi dengan Ijin Mendirikan Bangunan, maka Tim Media Pendidikan sengaja untuk melakukan pemantauan pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan guna mengetahui tingkat kepatuhan sekolah terhadap peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pendirian bangunan.

Ditemui secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Ir. BUDI ISWOYO, MT mengatakan bahwa dirinya sudah memberikan arahan kepada seluruh penerima DAK khususnya penerima dana untuk bangunan baru agar segera melengkapi dengan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Harapan Tim Media Pendidikan semua sekolah penerima DAK khususnya untuk dana bangunan baru agar melengkapi dengan IMB, hal ini agar keselamatan dan pengamanan bangunan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang ada.
(MD/Malangkab)

Leave a Reply

*