June 29, 2017

Lama Jabatan Kepala Sekolah Maksimal 8 Tahun

(Malang, Media Pendidikan). Ini mungkin sebuah kabar yang menggembirakan bisa juga sedikit merisaukan berbagai pihak. Pasalnya usai diterbitkannya Permendiknas No 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah maka mau tidak mau ini harus dipatuhi oleh semua pihak termasuk di dalamnya Dinas Pendidikan Kota Malang.

Jika mengacu pada peraturan tersebut, maka seorang kepala sekolah hanya dapat menjabat dua periode atau delapan tahun pada sekolah yang sama. Dan jika dalam pemantauan serta pengawasan, kepala sekolah yang bersangkut dinilai bagus kinerjanya maka akan diperpanjang tapi di tempat atau sekolah lainnya.

“Hal itu dilakukan semata-mata hanya demi pemerataaan kualitas. Jika sebelumnya kepala sekolah berada di sekolah yang baik atau bagus kualitasnya. Maka dapat diperpanjang lagi masa jabatannya, namun harus di sekolah yang berbeda dan berada di pinggiran yang memerlukan sentuhan inovatif,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM sesaat sebelum mengikuti Rapat Koordinasi di Balaikota pada Jum’at 5/2.

Lebih lanjut, mantan kepala Dinas Sosial Kota Malang itupun menambahkan bahwasanya sebelum memperpanjang jabatan kepala sekolah baik untuk periode keduanya ataupun periode ketiganya, kepala sekolah harus menjalani serangkaian tes dan juga ujian.

Tes dan ujian yang akan diberikan pada Kepala sekolah diantaranya wawancara, tulis, psikologi, dan beberapa ujian lainnya. Demi menjaga netralitas dan juga asas keadilan, maka pihak Dinas Pendidikan Kota Malang menggandeng pihak ketiga atau pihak yang independen untuk memberikan penilaian.



“Hasil penilaian dari serangkaian tes maupun ujian yang dilakukan oleh kepala sekolah itu nantinya dapat dijadikan bahan untuk mengajukan rekomendasi kepada Walikota Malang untuk melakukan pengukuhan,” ungkapnya pada media pendidikan. (Mid/Rid)

Leave a Reply

*